Solusi Jagoan dari Utomo&Utomo

Solusi Jagoan dari Utomo&Utomo

T heodoor Utomo berpandangan, konsep organik harus benar-benar didukung, dilaksana kan, dan diperkenalkan ke peta ni Indonesia. “Penggunaan pu puk organik mampu mengha silkan secara optimal dan dapat mengurangi biaya pemerintah ser ta banyak manfaatnya terutama dalam jangka panjang. Mem buat kesehatan petani dan juga yang mengonsumsinya terjaga,” ucap Direktur PT Utomo Utomo, produsen pupuk organik, saat In ternatio nal Farming Technology (IFT ) Exhibition 2016 di JIExpo Kema yoran, Jakarta (28/9)

Lima Jagoan Plus

Dengan menggunakan konsep pupuk hayati, PT Utomo Utomo m e n a w a r k a n paket lengkap un tuk bercocok tanam yang dinamai “5 jagoan plus”. Plus ini diawali de ngan pemberian Blooming Sanilan untuk mensanitasi la han dan membe ri kan “antibodi” sehingga mencegah se ca ra dini datangnya penyakit atau hama serangga. Theodoor sangat menyaran kan sanitasi lahan. “Jangan menunggu panen hancur dulu. Men cegah itu lebih baik daripada meng obati,” tukasnya.

Dengan Blooming Sanilan, lanjut dia, limbah pertanian dan hewan bisa diubah menjadi pupuk organik. “Limbah pertanian tidak perlu dibakar, limbah hewan tidak perlu dibuang,” tutur pria berlatar belakang pendidikan manajemen operasi itu.

Lima jagoan produksi PT Utomo Uto mo terdiri dari Green World G2, G3, G6, G7, dan G8. Produk-produk ini berperan menyuntikkan unsur hara ke dalam ta nah, meningkatkan keragaman mikroba yang tentunya akan sangat positif dan lebih menyuburkan tanah serta me ngurangi biaya pencabutan rumput liar. Dan akhirnya meningkatkan hasil panen.

G2 untuk pembenihan dan mengatasi ta naman yang stres dan saat pindah tanam. G3 untuk mengatasi kerontokan bunga dan kelebihan pertumbuhan daun. Aplikasi G3 dan G8 atau G6 + NPK/pupuk lain setengah takaran normal, dapat mengatasi kekurangan unsur hara makro atau mikro. Sedangkan G7 berisi biopestisida yang disiapkan untuk menghadapi serangan serangga hama dan cendawan patogen.

Sementara G8 dan G6 sudah terbukti membantu mengatasi dan mengurangi gangguan hama penyakit. Contohnya penyakit kresek dan hama sundep pada padi. Selain itu juga sejumlah penyakit, misalnya akar gada pada kubis, bulai pada jagung, beku akar pada tomat, patek pada cabai, busuk daun pada kentang, dan bercak ungu pada bawang.

Hand Tractor BCS

Selain 5 jagoan plus, PT Utomo Utomo juga memperkenalkan hand tractor BCS yang diklaim sebagai produk “All Func tion with Just One Machine”. Dari segi performa, transmisi traktor berkekuatan besar langsung ke PTO (Power Take Off). Jika dioperasikan dalam waktu lama, kinerja mesinnya tidak berkurang pada suhu berapa pun.

Kontrolnya memberikan kenyamanan ergonomis dengan kopling lembut dan progresif. Da lam pengoperasiannya, trak tor ini tidak perlu perawatan khusus. Tingkat keamanannya tinggi, terbukti me sin dan sub-alat (implemen) otomatis berhenti sa at stang d ilepas. Dengan sistem desmo dro mik, men ce gah kecelakaan ketika me sin dinya lakan. Hand tractor multiguna ini me menuhi standar ba ru keamanan Eropa 709/A4. Dan yang paling penting, Theo door berani menjamin, garansi lima tahun untuk produk kopling powersafe dan dua tahun untuk mesin. “Produk unggulan (5 ja goan plus) dapat dipadukan de ngan BCS plus implemen mesin bajak. BCS membajak seperti mixer sehingga tanah jadi halus tidak perlu dibasahi air, tanah kering pun mesin ini kuat,” tandasnya.